Tanaman Agar Rumah Lebih Adem Hadapi Musim Kemarau

Musim Penghujan pada tahun ini diprediksi akan berakhir pada bulan April 2020 ini namun menurut BMKG dari total 342 Zona Musim (ZOM) di Indonesia, sebanyak 17.0% diprediksi akan mengawali musim kemarau pada bulan April 2020, yaitu di sebagian kecil wilayah Nusa Tenggara, Bali, dan Jawa. Sebanyak 38.3% wilayah akan memasuki musim kemarau pada bulan Mei 2020, meliputi sebagian Bali, Jawa, Sumatera, dan sebagian Sulawesi. Sementara itu 27.5% di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua akan masuk awal musim kemarau di bulan Juni 2020.

Musim Kemarau berarti anda harus bersiap menghadapi teriknya matahari. Tidak hanya di luar ruangan saja, cahaya matahari yang panas pun bisa masuk kedalam rumah. Selain AC ada alternatif lain yang lebih hemat energi dan ramah lingkungan yaitu dengan menanam pohon peneduh di luar rumah atau tanaman-tanaman yang bisa menambah kesejukan didalam rumah.

Tanaman yang Bisa Dijadikan Pilihan di Rumah

  1. Bambu Jepang

    Scenic view of bamboo trees
    Photo by Pixabay on Pexels

    Bambu Jepang jenis tanaman hias yang dapat di sesuaikan untuk tanaman pagar, tanaman semak, dan tanaman peneduh di halaman rumah. Selain memiliki keindahan bambu jepang sangat bermanfaat untuk kesehatan, karena dapat menyaring debu atau udara kotor yang di akibatkan oleh debu jalanan dan asap kendaraan bermotor.

  2. Lidah Mertua

    green and yellow snake plant
    Photo by Drew Beamer on Unsplash

    Lidah mertua atau Sanseviera merupakan tanaman yang dapat menjaga suhu tetap sejuk di dalam ruangan. Tanaman ini juga dapat menyerap sejumlah besar racun dari udara.Lidah mertua juga jenis tumbuhan yang telah direkomendasikan NASA guna membantu membersihkan udara.

  3. Lidah Buaya

    Succulent plant
    Photo by pisauikan on Unsplash

    Tanaman lidah buaya bisa mengurangi panas pada ruangan. Oleh karena itu, pada musim kemarau ini ada baiknya Anda menanam lidah buaya agar ruangan terasa sejuk. Tanaman hias ini mudah didapatkan di penjual-penjual tanaman hias. Masalah harga pun tak perlu dikhawatirkan, karena hanya kisaran puluhan ribu sudah bisa menanam lidah buaya di rumah.

  4. Pohon Mangga

    the mango tree, held at the four seasons, yet the blue mango
    Photo by sogaeann on Pixabay

    Daun pohon peneduh ini memiliki ukuran yang panjang dan rapat satu sama lain. Jumlah daunnya pun sangat banyak. Pohon peneduh yang satu ini dapat tumbuh tinggi mencapai 10 meter. Jika menanam pohon peneduh ini, jangan lupa untuk rutin memberikan pupuk, ya! Tujuannya untuk menyuburkan pohon dan menghasilkan buah yang nikmat.

Sumber:

  1. https://www.dekoruma.com/artikel/99093/pohon-peneduh-di-rumah
  2. https://www.liputan6.com/health/read/3662069/4-tanaman-hias-yang-ampuh-bikin-ruangan-lebih-sejuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *