Agar Nyaman Saat memiliki Rumah Mungil

white and beige marble-top table
Photo by Francesca Tosolini on Unsplash

[RumahCom] – Supaya nyaman rumah interior rumah perlu ditata dengan baik dan rumah kompak dengan luasan terbatas memiliki tantangan tersendiri untuk menatanya. Ada kaitan erat antara pola pikir dengan penataan rumah dengan luasan terbatas.

Rumah yang baik harus bisa memenuhi fungsi dan selera penghuninya, karena itu interior rumah harus ditata sedemian rupa agar sesuai dengan beragam kebutuhan penghuni tersebut. Hanya saja fungsi maupun selera pemilik rumah itu juga kadang berbenturan dengan berbagai keterbatasan. Untuk rumah di perkotaan biasanya luasan kerap menjadi kendala utamanya.

Luasan dan keterbatasan ruang kerap menyulitkan saat kita menata dan mengatur aneka kebutuhan yang harus ada pada sebuah rumah. Pada bagian ini justru menjadi tantangan terbesar dalam mengatur layout disesuaikan dengan berbagai kebutuhan tadi, karena itu harus banyak pembiasaan dan kompromi supaya rumah bisa menjadi area utama yang membuat kita nyaman.

Menurut Rohadi, Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), pada dasarnya untuk mengatur sebuah hunian kecil dan kompak harus berpedoman pada kebutuhan dasar terlebih dulu. Jangan lagi berpikir ideal membuat suatu tata desain seperti pada sebuah rumah yang luas tapi harus dipikirkan bagaimana mengatur dengan segala keterbatasan supaya tetap nyaman.

“Jadi mulainya harus dari mindset kita dulu, bagaimana pola pikir kita bisa membentuk rumah yang nyaman justru dengan luasan yang terbatas itu. Karena itu pemanfaatan ruang harus maksimal yang akan menentukan dari pemilihan perabot hingga gaya hidup kita sehari-hari. Tinggal di rumah kecil itu pikiran dan pola perilaku kita harus sistematis, lebih terencana, dan tidak boleh konsumtif dalam arti semua mau disimpan di rumah,” katanya.

Karena itu perlu diatur dengan baik bahkan dibuat rencana untuk pemakaian material, penggunaan warna, dan hal lainnya yang harus diperhitungkan sedari awal. Hal yang paling utama juga harus menerapkan gaya hidup simpel secara konsisten karena ini akan berimbas pada gaya penataan interior di rumah.

Untuk di ruang tamu misalnya, rumah kompak cukup mendesain ruang tamu dengan dua tempat duduk kecil agar tidak terlalu memakan tempat. Kalau ruang tamu juga berfungsi sebagai ruang utama keluar, gunakan sofa tunggal dengan dua atau tiga dudukan. Tambahkan meja multifungsi yang bisa digunakan sebagai tempat duduk tambahan dan ruang penyimpanan (storage) di bagian bawahnya.

Penggunaan meja makan juga bisa diintegrasikan dengan ruang tamu, ruang keluarga, atau dapur. Bila ruangan sangat terbatas, meja makan bisa disambung dengan kabinet TV atau daun meja dengan model menempel ke dinding dan bisa dibuka-tutup sehingga menyisakan ruang yang lebih luas.

Untuk kamar tidur biasanya fungsi utamanya sebagai tempat tidur, berganti pakaian, dan kegiatan privasi lainnya. Menggunakan furnitur custom akan membuat penataannya lebih sesuai di ruangan yang terbatas. Jangan lupa tambahkan laci-laci maupun storage lainnya yang memungkinkan untuk memudahkan kita menyimpan barang-barang.

“Untuk ruang dapur pastikan semua fungsinya bisa terpenuhi yaitu untuk segala aktivitas memasak. Gunakan kabinet dapur yang ringkas, kompak, dan bisa menampung berbagai macam peralatan memasak. Manfaatkan juga dinding untuk dijadikan tempat penyimpanan dengan rak atau shaft yang simpel sehingga tetap enak dipandang,” jelas Rohadi.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Artikel sudah Tayang dengan judul Atur Mindset Untuk Membuat Rumah Mungil Menjadi Nyaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *